Kamis, 08 Maret 2018 - 20:45:37

Pelemahan Rupiah Bikin Sebagian Pengusaha Semringah

    Michael B. Bara Hits : 14017    

CNN Indonesia


PEKANBARU, RIAUAKSI.COM -- Kamar Dagang dan Industri (Kadin) menyebut, tak semua pengusaha dirugikan oleh kondisi pelemahan nilai tukar (kura) rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) saat ini. Beberapa sektor usaha, bahkan justru diuntungkan oleh kondisi tersebut. 

Ketua umum Kadin Rosan Perkasa Roeslani menyebut, perusahaan-perusahaan berbasis ekspor, seperti tambang dan kelapa sawit justru tengah semringah dengan kondisi rupiah saat ini. Pasalnya, perusahaan-perusahaan tersebut memperoleh pendapatan dalam dolar AS. 

"Ada pengusaha yang senang dolar menguat, seperti perusahaan yang berbasis ekspor, misalnya tambang dan sawit. Kalau dolar naik, mereka senang. Jadi, tergantung bicara dengan yang mana. Kalau yang ekspor tentu lebih senang karena mereka cost-nya dalam rupiah," kata Rosan di Menara Kadin, Jakarta, Selasa (6/3)

Kendati demikian, menurut dia, dunia usaha secara keseluruhan berharap agar kurs dolar tidak naik turun secara signifikan. Pasalnya, nilai tukar rupiah yang tidak stabil dapat menyulitkan pengusaha untuk melakukan perhitungan dan perencanaan kedepannya. 

"Kami harap kenaikannya (dolar) ini tidak terlalu banyak. Karena buat kami para pengusaha, stabilitas lah jadi kalau misalnya naik, ya jangan naik terus turun terlalu dalam," kata.

Ia sendiri berharap, nilai tukar rupiah terhadap dolar tidak mencapai Rp14.000 per dolar AS. Meskipun demikian, Ia menyebutkan, dunia usaha sudah mengantisipasi kenaikan dolar AS .

"Kalau dari dunia usaha akan ada penguatan dolar karena Bank Sentral Amerika Serikat The Federal Reserve (The Fed) akan menaikan suku bunga acuannya, kami sudah mengantisipasi," terang Rosan. 

Sebagai informasi, berdasarkan data Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR), per hari ini (6/3) nilai tukar dolar terhadap rupiah menyentuh angka Rp13.750 dan sempat menyentuh angka Rp13.793 di hari Kamis (1/3) lalu


    Category : Ekonomi Bisnis    
    Tags        :    
    Sumber  : CNN Indonesia


0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 








  Terkini  



  Most Popular  



  Teknologi  




Satelit Merah Putih Resmi Mengorbit

  Ekonomi Bisnis  




BEI perbarui sistem perdagangan dengan JATS NextG