Minggu, 11 Februari 2018 - 15:53:00

Riau Tuan Rumah Harteknas 2018, Ini Tuntutan Menristek Dikti

    Anggre Dwie Hits : 4609    

Antarariau.com


Pekanbaru, RIAUAKSI.COM - Menteri Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi RI, Mohamad Nasir saat peluncuran Hari Teknologi Nasional yang bertemakan "inovasi untuk kemandirian pangan dan energi" di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, menekankan agar daerah-daerah mampu menciptakan inovasi dan riset baru. 
     
"Daerah harus mau dan mampu mencari inovasi baru serta melakukan riset, agar tercipta hal baru yang dapat memajukan dan mensejahterakan masyarakatnya,"papar Mohamad Nasir di Pekanbaru, Minggu malam. 
     
Dia mendorong inovasi terus tumbuh dan menyebar ke seluruh daerah-daerah di Indonesia. Dengan begitu, harapannya semangat inovasi  dapat digaungkan di Provinsi Riau yang ditunjuk sebagai tuan rumah Harteknas  ke 23, yang pertama di Sumatera dan kedua di luar Jawa. 
     
"Melalui Harteknas, dapat menyebarkan semangat berinovasi dan tentunya terwujud di Provinsi Riau juga," sebut Menteri. 
     
Mohamad Nasir mengatakan, dipilihnya Provinsi Riau sebagai penyelenggara Hakteknas 2018 karena predikat Riau sebagai salah satu lumbung energi nasional dan penyangga utama kebutuhan pangan di Pulau Sumatera, khususnya sektor pertanian dan perkebunan.
       
"Penunjukkan Riau sebagai tuan rumah Hakteknas merupakan hal yang tepat, sebab tahun lalu Riau mendapatkan penghargaan Budhipura dari Kemenristekdikti, karena nilai berhasil mengembangkan sistem inovasi daerah, "ungkap Menristekdikti.
       
 Sementara Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rahman mengatakan Pemerintah Provinsi Riau akan terus berinovasi dalam berbagai sektor, khususnya pangan. Dimana saat ini Pemprov sedang berusaha mengembangkan sagu sebagai salah satu makanan pokok masyarakat Riau.
       
"Kita akan terus berinovasi dalam segala bidang, dan saat ini kita sedang mengembangkan inovasi baru untuk sagu yang menjadi salah satu makanan pokok masyarakat di daerah ini," tuturnya.
     
Dia menambahkan bahwa pengembangan riset dan inovasi di Provinsi Riau akan dilakukan di science techno park (STP) yang dibangun Kemenristekdikti. "Kita akan melakukan riset dan mengembangkannya di science techno park yang dibangun Kemenristekdikti di Pasir Putih Kabupaten Kampar,"jelasnya.
   
 Pria yang akrab disapa Andi Rachman tersebut berterimakasih  ditunjukan Riau sebagai tuan rumah Hakteknas tahun ini. Persiapan Harteknas pun sudah dilakukannya sejak jauh hari. 
   
 Sementara, Puncak Hakteknas  akan berlangsung pada 10 Agustus nanti. Berbagai kegiatan akan dilaksanakan mulai dari acara bakti teknologi, lomba inovasi nasional, kreatifitas serta anugerah inovasi dan kegiatan ilmiah.
       
"Kami masyarakat Riau mengucapkan terimakasih kepada Menristekdikti yang sudah menunjuk Riau sebagai tuan rumah Hakteknas tahun 2018, "ujarnya.

    Category : Riau    
    Tags        :    
    Sumber  : Antarariau.com


0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 








  Terkini  



  Most Popular  



  Teknologi  




Honda Jazz dan Civic Kuasai Segmen Hatchback

  Ekonomi Bisnis  




Menakar Dampak Kenaikan Tarif Bandara Terhadap Inflasi