Selasa, 13 Februari 2018 - 10:12:35

RTK Upaya Mendekatkan Pelayanan Kesehatan

    Anggre Dwie Hits : 2113    

Riaupos.co


TEMBILAHAN,Riauaksi.com -Rumah tunggu kelahiran (RTK) sebuah upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hilir (Inhil) mendekatkan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat.
     
 Demikian disampaikan Bupati Inhil HM Wardan, saat meresmikan RTK Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Gajah Mada di Jalan Datuk Bandar, Kelurahan Tembilahan Hilir, Kecamatan Tembilahan, kemarin.
         
 Kegiatan itu juga dihadiri Ketua TP PKK Hj Zulaikhah Wardan, Camat Tembilahan Ahmad Khusairi, Lurah Tembilahan Hilir Rechy Sandra Dana Saputra dan tokoh masyarakat Inhil H Syamsuddin Uti serta tamu undangan lainnya.

Keberadaan RTK ini, diharapkan Bupati dapat dimanfaatkan dengan baik untuk mendekatkan pelayanan kesehatan kepada warga. Khususnya ibu hamil sampai menjelang masa kelahiran tiba.
     
 “Kita berharap tidak ada kematian ibu dan bayi. Mudah-mudahan sarana ini menjadi hal yang bermanfaat bagi semuanya, “kata Bupati. Ditambahkannya, RTK seperti ini sebaiknya juga didirikan di kecamatan lainnya. Sehingga dapat lebih memaksimalkan pemberian layanan kesehatan.

Untuk diketahui, RTK adalah suatu bentuk upaya kesehatan bersumber daya masyarakat (UKBM), berupa tempat atau rumah/bangunan tersendiri yang dapat digunakan untuk tempat tinggal sementara bagi ibu hamil yang akan melahirkan hingga nifas, termasuk bayi yang dilahirkannya serta pendampingnya.
    
Ibu hamil yang berdomisili di daerah dengan akses sulit, untuk sementara tinggal di sana, hingga masa nifasnya beserta bayi yang dilahirkannya agar dekat dengan puskesmas yang mampu melakukan pertolongan persalinan atau Rumah Sakit Umum Daerah.
      
Sehingga pada saat tiba waktu persalinan nanti, penanganan si ibu atau bayi lebih cepat dibawa ke puskesmas atau rumah sakit. Jadi persalinan tetap dilakukan di fasilitas kesehatan bukan di rumah tunggu kelahiran.
 
 Terhadap keberadaan juru pemantau jentik-jentik (jumantik) sangat penting dalam upaya memberikan sosialisasi kepada warga tentang pentingnya lingkungan bersih dan bebas dari jentik.


    Category : Riau    
    Tags        : #inhil,#Prov Riau    
    Sumber  : Riaupos.co


    0 Komentar :



    Isi Komentar :
    Nama :
    Website :
    Komentar
     
     (Masukkan 6 kode diatas)

     








      Terkini  



      Most Popular  



      Teknologi  




    Honda Jazz dan Civic Kuasai Segmen Hatchback

      Ekonomi Bisnis  




    Menakar Dampak Kenaikan Tarif Bandara Terhadap Inflasi