Selasa, 13 Februari 2018 - 10:43:05

Kata Ketua Komisi XI DPR Soal Kandidat Gubernur BI Baru

    Michael B. Bara Hits : 4801    

CNBC Indonesia


Calon Gubernur Bank Indonesia (BI) baru diharapkan tidak hanya cakap dalam menjaga stabilitas moneter dan sistem keuangan, melainkan juga mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi.

Ketua Komisi XI DPR Melchias Markus Mekeng menyebut, rekam jejak dan kecakapan calon Gubernur BI memang menjadi syarat utama. Namun, kandidat BI-1 diharapkan melek teknologi, agar mampu mencetuskan kebijakan strategis.

Hal tersebut merespons maraknya perusahaan financial technology (Fintech) dalam beberapa tahun terakhir. Perkembangan tersebut, tentu bisa dimanfaatkan untuk menggariahkan perekonomian.


“Kalau ekonomi makro sudah pasti harus kuat. Tapi dia harus paham teknologi, karena sekarang banyak Fintech. Bagaimana aturannya, dan koordinasi dengan OJK,” kata Mekeng, saat berbincang dengan CNBC Indonesia, Selasa (13/2/2018).

Mekeng memahami, tantangan calon BI-1 pada tahun ini cukup besar. Di tengah masih adanya ketidakpastian global, maka calon BI-1 perlu merangkum berbagai strategi untuk memperkuat stabilitas makro ekonomi nasional.

“Tentu kondisinya akan berbeda-beda. Tapi bagaimana mengendalikan stabilitas makro, inflasi juga harus dijaga, karena ini pengaruh sekali ke daya beli,” jelasnya.

Dalam kesempatan berbeda, Anggota Komisi XI DPR yang juga Ketua Fraksi Partai Nasdem Johnny G. Plate memandang, calon Gubernur BI baru harus bisa menjaga kekompakan dan kerja sama antar lembaga negara.

Adapun Anggota Komisi XI DPR Fraksi PDIP Hendrawan Supratikno enggan menerka-nerka siapa saja calon BI-1 yang akan diusulkan kepala negara. Namun, diharapkan para calon yang dipilih telah sesuai harapan.

“PR tetap menjalankan dengan baik tupoksi yang ada dalam UU,” jelasnya.

Sebelumnya, Ketua Tim Ahli Wakil Presiden Sofjan Wanandi menyebut empat nama kandidat gubernur BI kini telah berada di genggaman tangan Presiden Joko Widodo. Dia juga menyebut bahwa Presiden telah selesai membahas empat nama itu bersama Wapres JK.

Keempat nama itu adalah Gubernur BI saat ini Agus Martowardojo, Deputi Gubernur BI Perry Warjiyo, menteri keuangan era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Chatib Basri, dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional saat ini Bambang PS Brodjonegoro.


    Category : Nasional    
    Tags        : #nasional    
    Sumber  : CNBC Indonesia


    0 Komentar :



    Isi Komentar :
    Nama :
    Website :
    Komentar
     
     (Masukkan 6 kode diatas)

     








      Terkini  



      Most Popular  



      Teknologi  




    Honda Jazz dan Civic Kuasai Segmen Hatchback

      Ekonomi Bisnis  




    Menakar Dampak Kenaikan Tarif Bandara Terhadap Inflasi