Selasa, 13 Februari 2018 - 19:01:26

MacBook Pro Bantu Apple Salip Asus di Bisnis Notebook

    Anggre Dwie Hits : 18817    

Cnnindonesia.com


Jakarta, RIAUAKSI.COM -- Sedikit demi sedikit, Apple menunjukkan tajinya di pasar notebook. Riset pasar menunjukkan pengapalan MacBook melewati notebook besutan Asus.

Laporan dari TrendForce mencatat pengapalan MacBook tumbuh 18 persen sepanjang 2017. MacBook Pro model terbaru yang meluncur di kuartal kedua 2017 mendongkrak tumbuhnya permintaan di pasar.

"...ini pertumbuhan tertinggi di antara semua merek notebook," tulis TrendForce dalam laporan bertanggal 12 Februari 2018.

Padahal pada 2016 lalu Apple hanya menguasai pasar notebook sebesar 8,3 persen, menempatkan mereka di posisi kelima produsen notebook terbesar dunia. Dengan laporan terbaru, pasar yang mereka kuasai naik menjadi 9,6 persen, menyalip Asus ke posisi empat.

TrendForce bahkan memprediksi permintaan pasar terhadap MacBook akan terus menguat sepanjang 2018 ini hingga 10,4 persen pangsa pasar.

Di lain pihak, pengapalan Asus selama 2017 memang menurun. Penguasaan pasar notebook oleh produsen asal Taiwan itu melorot dari 10,3 persen di 2016 menjadi 9,5 persen di 2017. 

"Asus menyesuaikan strategi produknya belakangan ini dan mengurangi produksi model (notebook) dengan marjin profit yang kecil. Alhasil, pengapalannya terpengaruh dan pasarnya turun menjadi 9,5 persen, peringkat kelima," hasil analisis TrendForce.

Kendati begitu, TrendForce memprediksi pangsa pasar Asus akan tumbuh sedikit di 2018 meskipun masih berada di belakang Apple. 

Hasil laporan pasar notebook dari TrendForce untuk 2017 sejatinya tak berubah banyak. Selain Apple menggeser Asus, posisinya enam besar tak berubah sama sekali. HP masih menguasai peringkat wahid (24,3 persen), disusul oleh Lenovo (20,2 persen), dan Dell (15,2 persen). Di peringkat keenam ada Acer dengan raihan 8 persen pasar.

Secara keseluruhan, pasar notebook di global tumbuh 2,1 persen dengan jumlah 164,7 juta unit terkirim.


    Category : Teknologi    
    Tags        :    
    Sumber  : Cnnindonesia.com


0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 








  Terkini  



  Most Popular  



  Teknologi  




Honda Jazz dan Civic Kuasai Segmen Hatchback

  Ekonomi Bisnis  




Menakar Dampak Kenaikan Tarif Bandara Terhadap Inflasi