Minggu, 18 Maret 2018 - 19:02:47

Indonesia Negara Paling Diminati Beasiswa New Colombo Plan

    Anggre Dwie Hits : 14401    

CNN Indonesia


PEKANBARU, RIAUAKSI.COM -- Indonesia menjadi negara yang paling diminati anak-anak muda Australia yang mengajukan beasiswa New Colombo Plan kepada pemerintahnya.  Hal tersebut disampaikan Menteri  Luar Negeri Retno Lestari Marsudi seusai mendampingi Presiden Joko Widodo dalam acara minum teh, New Colombo Plan (NCP) Afternoon Tea di International Convention Center (ICC), Sydney Australia, Sabtu (17/3) siang.

"Sejauh ini Indonesia merupakan negara yang paling diminati untuk dikunjungi," kata Retno dalam keterangan pers kepada jurnalis Indonesia di Sydney, Australia.

Beasiswa NCP ini memberikan kesempatan kepada anak-anak muda Australia untuk belajar di 40 negara Asia sejak di 2014.

Pada acara minum teh siang tersebut, Presiden Jokowi  bertemu tiga penerima NCP asal Australia dan satu penerima Australian Award yang berasal dari Indonesia.

Dalam pertemuan itu, Presiden menanyakan soal persepsi mereka tentang Indonesia bagi penerima NCP. "Mereka menjawab persepsinya berubah sebelum dan setelah berkunjung," ujar Retno seperti disampaikan dalam rilis yang diterima , Minggu (18/3). Tidak dijelaskan persepsi seperti apa yang dimaksud.

Sebelum menghadiri NCP Afternoon Tea, Presiden mengikuti sesi foto resmi KTT Istimewa ASEAN-Australia. Presiden Jokowi bersama Kepala Negara/Kepala Pemerintahan ASEAN mengambil foto individu bersama PM Australia Malcolm Turnbull sebelum dilaksanakan foto bersama.

Pada Agustus 2017, Duta Besar Australia untuk Indonesia Paul Grigson mengatakan mahasiswa dari 30 universitas di Australia telah mendaftar untuk dana hibah New Colombo Plan untuk membangun hubungan dengan institusi-institusi Indonesia serta memberi para mahasiswa mereka sebuah kesempatan berharga untuk belajar dari Indonesia.

Lebih dari 2.100 mahasiswa akan turut dalam 90 proyek di seluruh Indonesia pada 2018. Bidang yang beragam, dari kesehatan publik, hukum bisnis dan niaga, hingga studi tentang bekantan dan geologi pesisir laut. 

Para mahasiswa tersebut diharapkan akan kembali ke Australia dengan dengan perspektif baru tentang Indonesia. 

Pada 2018, lebih dari 13.000 mahasiswa Australia akan turut serta dalam proyek mobilitas New Colombo Plan di 35 negara Indo-Pasifik. Sehingga jumlah total pelajar yang didanai dibawah program ini mencapai lebih dari 30.000 dalam lima tahun.

Setelah mengikuti foto bersama, Presiden Jokowi menghadiri penutupan konferensi Counter Terrorism. Kepala BNPT Suhardi Alius mewakili Indonesia pada konferensi tersebut dan memaparkan tentang pendekatan soft power dalam deradikalisasi. 

Malam harinya, Presiden menghadiri jamuan santap malam bersama Kepala Negara/Pemerintahan ASEAN-Australia.


    Category : Internasional    
    Tags        :    
    Sumber  : CNN Indonesia


0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 








  Terkini  



  Most Popular  



  Teknologi  




Hindari Hal ini pada Mobil Matik

  Ekonomi Bisnis  




Perbankan Indonesia Disarankan Tiru "Gaya" Fintech