Minggu, 18 Maret 2018 - 19:13:05

Prediksi MotoGP Qatar 2018

    Anggre Dwie Hits : 11905    

CNN Indonesia


PEKANBARU, RIAUAKSI.COM -- MotoGP Qatar di Sirkuit Internasional Losail, Minggu (18/3), akan menjadi seri pembuka MotoGP 2018. Berikut ini prediksi jalannya balapan MotoGP Qatar dari tim olahraga CNNIndonesia.com.

Dovizioso Menang, Zarco Podium [Putra Permata Tegar Idaman]

Johann Zarco berhasil jadi yang tercepat di sesi kualifikasi, namun jarak antara pebalap di 10 besar tidak lebih dari 0,8 detik. Hal itu menggambarkan persaingan ketat bakal terjadi di awal dengan barisan depan bakal diisi oleh rombongan dalam jumlah besar.

Zarco sudah membuktikan kehebatannya di sesi kualifikasi, namun ketahanan motor M1 milik pebalap asal Perancis itu sepanjang lomba masih harus dilihat. Ambisi ideal bagi Zarco adalah finis podium.

Andrea Dovizioso akan start dari posisi kelima, namun karakter sirkuit ini sangat cocok untuk Ducati. Pebalap Italia itu saya jagokan untuk bisa jadi juara di seri pertama ini karena penampilannya di sesi latihan bebas juga tak mengecewakan.

Johann Zarco meraih pole MotoGP Qatar.Johann Zarco meraih pole MotoGP Qatar. (AFP PHOTO / KARIM JAAFAR)

Marc Marquez mungkin juga bakal naik podium setelah lomba berlangsung sedangkan duo Yamaha Maverick Vinales dan Valentino Rossi harus berjuang keras untuk finis di podium.

Dovizioso Favorit Pemenang [Ahmad Bachrain]

Andrea Dovizioso mendapat hasil kurang memuaskan di kualifikasi MotoGP Qatar. Pebalap Ducati itu hanya mampu meraih start kelima di Sirkuit Internasional Losail, Sabtu (17/3).

Sementara pebalap Monster Yamaha Tech3, Johann Zarco, membuat kejutan mengambil start terdepan. Namun, jarak antara Zarco dan Dovizioso hanya selisih 0, 394 detik. Bukan perkara sulit bagi Dovi untuk menyodok ke posisi terdepan pada balapan Minggu (18/3) mengingat Sirkuit Losail cukup `ramah` bagi Ducati yang ia tunggangi.

Terlebih jika menengok tiga musim terakhir, pebalap Italia itu selalu naik podium di Qatar. Dovizioso berada di urutan kedua pada 2017 diapit duo Yamaha, Maverick Vinales di peringkat pertama dan Valentino Rossi (ketiga). Begitu pula pada musim 2016 dan 2015 di seri itu ketika finis kedua. 

Kali ini Dovizioso saya prediksi meningkatkan posisinya memenangkan podium pertama di seri perdana MotoGP 2018 di Qatar. Untuk posisi kedua dan ketiga berpeluang diraih Marc Marquez serta Zarco.

MotoGP Qatar Jadi Start Sukses Marquez [Nova Arifianto]

Keberadaan Johann Zarco di posisi start terdepan pada MotoGP Qatar menunjukkan MotoGP 2018 sarat akan persaingan dan kejutan. Pebalap Perancis itu jelas punya kans menjadi juara seri di kelas MotoGP untuk kali pertama. Motor Yamaha dalam tiga tahun terakhir berjaya di Losail, adalah fakta lain yang dapat meningkatkan motivasi Zarco.

Andrea Dovizioso pantas difavoritkan meraih kemenangan di MotoGP Qatar.Andrea Dovizioso pantas difavoritkan meraih kemenangan di MotoGP Qatar. (AFP PHOTO / KARIM JAAFAR)

Tapi butuh lebih dari sekadar catatan masa lalu dan pole position untuk menjadi juara. Konsistensi dan keandalan mesin dalam 21 lap bisa jadi penentu lain yang membuat Marc Marquez bersama Honda RC213V tetap diunggulkan pada seri pertama musim ini.

Selain Marquez dan Zarco, sepertinya Andrea Dovizioso layak dijagokan naik podium di Losail.

Di Antara Dovizioso dan Zarco [Surya Sumirat]

Persaingan di MotoGP Qatar sebagai pembuka MotoGP 2018 bakal berlangsung ketat. Andrea Dovizioso yang berjalan mulus dalam dua latihan bebas ternyata harus start dari posisi kelima di lomba MotoGP Qatar. Sementara Johann Zarco justru gemilang di latihan bebas ketiga dan kualifikasi dengan menempati pole position. 

Menurut saya, pemenang lomba MotoGP Qatar nanti berada di antara Dovizioso dan Zarco. Dovi hanya perlu mengatur dengan benar ban yang digunakannya dalam balapan nanti, di luar kemampuan teknis yang dimiliknya, baik saat bermain di tikungan atau di trek lurus yang menjadi andalan Ducati.

Sementara Zarco perlu konsisten mempertahankan apa yang dicapainya selama latihan bebas dan kualifikasi lalu. Jika itu terabaikan, maka naik podium pertama hanya tetap jadi mimpi untuk Zarco.

Yamaha Rebut Kemenangan di Losail [Haryanto Tri Wibowo]

Dengan banyak jalur lurus yang cepat, Sirkuit Losail memiliki karakter yang cocok untuk sepeda motor Desmosedici milik Ducati. Dalam beberapa tahun terakhir pun Ducati sudah menunjukkan mampu tampil kompetitif di MotoGP Qatar. Dengan begitu Andrea Dovizioso dan Jorge Lorenzo pantas difavoritkan meski gagal start dari grid terdepan.

Tapi, saya melihat pebalap Yamaha yang akan meraih kemenangan di MotoGP Qatar. Peluang terbesar jelas ada di tangan Johann Zarco yang mampu meraih pole. Pebalap asal Perancis tinggal butuh mempertahankan konsistensi sepanjang balapan. Perlu diingat, Zarco sempat memimpin jalannya balapan MotoGP Qatar musim lalu sebelum mengalami kecelakaan.

Jangan pernah juga mencoret peluang Valentino Rossi. Meski harus start dari posisi delapan, The Doctor tetap pantas difavoritkan meraih kemenangan karena punya rekor bagus di Sirkuit Losail. Rossi berhasil meraih tiga posisi podium dalam empat edisi terakhir MotoGP Qatar, termasuk kemenangan pada musim 2015.

Vinales-Rosi Sarat Pengalaman di Qatar [Jun Mahares]

Pebalap Yamaha Tech 3 Johann Zarco memang berhasil merebut pole di MotoGP Qatar 2018. Ia bahkan mengukir rekor sebagai pebalap tercepat dalam kualifikasi di Sirkuit Losil, kemarin.

Namun, pole dan rekor Zarco tak bisa jadi garansi juara di MotoGP Qatar yang sarat drama. Zarco punya kenangan buruk di Qatar pada musim lalu. Sempat memimpin di awal lomba, ia justru tergelincir di tengah lomba.

Sementara Vinales yang semula memulai balapan dengan sabar, justru berhasil jadi juara. Sementara Rossi yang dikenal pintar meramal ban yang sesuai dengan karakter sirkuit dan cuaca, berhasil menguntit di posisi kedua.

Zarco boleh saja jadi yang tercepat kali ini, namun faktanya pengalaman juga berbicara. Duo Movistar Yamaha bisa kembali mengejutkan di Losail nanti malam.


    Category : Olahraga    
    Tags        :    
    Sumber  : CNN Indonesia


0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 








  Terkini  



  Most Popular  



  Teknologi  




Hindari Hal ini pada Mobil Matik

  Ekonomi Bisnis  




Perbankan Indonesia Disarankan Tiru "Gaya" Fintech