Senin, 02 April 2018 - 23:31:23

Optimalkan Dana Abadi, Perpres LPDP Terbit Akhir April

    Anggre Dwie Hits : 18816    

CNN Indonesia


PEKANBARU, RIAUAKSI.COM -- Pemerintah akan menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) terkait Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) pada akhir April 2018. Beleid itu bertujuan untuk memperkuat lembaga dalam mengelola dana abadi pendidikan. 

Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo mengatakan dengan adanya Perpres, LPDP dapat mengelola dana abadi pendidikan sekaligus digunakan untuk berbagai cakupan kebutuhan pendidikan. Hal itu antara lain, beasiswa pendidikan vokasi, pendidikan non-gelar seperti kursus-kursus, dan mengundang ahli dari luar negeri untuk pengembangan pendidikan vokasi. 

"Perpres LPDP ini beberapa sudah tanda tangan, mudah-mudahan akhir bulan ini sudah keluar," kata Mardiasmo di Gedung Kementerian Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan, Jakarta, Senin (2/4).

Saat ini, dana abadi pendidikan yang dikelola LPDP hanya ditujukan untuk beasiswa magister doktor, beasiswa afirmasi, beasiswa dokter spesialis, beasiswa lanjutan, dan beasiswa tesis disertasi.

"Usulan masing-masing kementerian/lembaga (K/L) Salah satu usulan datang dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, supaya betul-betul LPDP itu optimal dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat," kata Mardiasmo.

Dalam Perpres tersebut, sumber dana abadi pendidikan juga akan bertambah. Tidak hanya dari Penyertaan Modal Negara (PMN) dan hasil investasi dana abadi yang dikelola oleh LPDP, tetapi juga K/L akan mengalokasikan sejumlah dana untuk menambah pundi-pundi dana abadi pendidikan tersebut.

Mardiasmo menjelaskan tahun ini LPDP menerima PMN sebesar Rp15 triliun dalam bentuk Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN) dari alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy berharap dengan perubahan skema dana pendidikan tersebut dapat menambah jumlah dana abadi pendidikan dan memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Saat ini, tercatat dana abadi pendidikan yang dikelola oleh LPDP berjumlah sebesar Rp31 triliun.

"Kami harapkan dari waktu ke waktu nanti akan semakin membesar dana abadi pendidikannya," kata Muhadjir dalam kesempatan yang sama.


    Category : Ekonomi Bisnis    
    Tags        :    
    Sumber  : CNN Indonesia


0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 








  Terkini  



  Most Popular  



  Teknologi  




Hindari Hal ini pada Mobil Matik

  Ekonomi Bisnis  




Perbankan Indonesia Disarankan Tiru "Gaya" Fintech