Selasa, 15 Mei 2018 - 09:45:53

4 Cara Ampuh Atur Uang agar Mapan di Usia 40

    Michael B. Bara Hits : 17665    

liputan6.com


Jakarta,Riauaksi.com - Untuk bisa hidup tenang di hari tua nanti, tentu masalah finansial menjadi faktor utama. Bagaimana Anda bisa menikmati hidup dengan tenang dan nyaman kalau masih memiliki kekhawatiran finansial?

Menyiapkan masa tua yang nyaman dan tenang tentu ada strategi yang perlu dilakukan. Terutama soal keuangan yang akan menjamin kehidupan baik saat masa pensiun tiba.

Rencanakan tabungan di hari tua Anda secara matang. Melansir dari laman Fool, Selasa (15/5/2018), setidaknya ada empat hal yang perlu Anda lakukan pada keuangan Anda sebelum berusia 40 tahun.

1. Punya Dana Darurat 

Di usia yang menginjak 40 tahun, Anda setidaknya sudah memiliki tabungan yang utuh untuk dana darurat Anda. Mengingat banyak kemungkinan serta ketidakpastian dalam hidup, memiliki dana darurat merupakan suatu keharusan untuk menciptakan rasa aman di usia Anda yang nanti tak lagi muda. 

Selain itu, dana darurat ini sebaiknya dapat memberikan banyak manfaat Anda dalam hal fasilitas yang diberikan. Pastikan Anda tahu manfaat-manfaat apa yang bisa Anda peroleh dari penggunaan dana darurat tersebut. 

2. Upah Tiga Kali Lipat dari Pendapatan Sekarang

Selanjutnya ialah pada usia 40 tahun, Anda setidaknya sudah memiliki tiga kali pendapatan dari upah normal Anda untuk disimpan sebagai dana pensiun. Misalnya saja, jika upah Anda saat ini Rp 60 juta per tahun, maka pada saat menginjak usia 40 tahun, Anda sudah harus memiliki pendapatan sebesar Rp 180 juta per tahun. 

Dana ini kemudian disimpan sebagai dana kepemilikan pensiun Anda. Oleh karena itu, apa pun yang berkaitan dengan kebutuhan pensiun, Anda bisa menggunakan tabungan ini sebagai tabungan berjalan Anda. Pada saat umur 40 tahun nanti, apakah Anda yakin sudah memiliki pendapatan dengan jumlah nominal tersebut?3. Tidak Memiliki Utang yang Besar

Saran selanjutnya adalah tidak memiliki utang yang terlampau besar saat Anda telah mencapai 40 tahun. Dengan ini Anda akan lebih mudah untuk fokus pada penyimpanan dana bagi kebutuhan pensiun Anda, membayar kebutuhan kuliah anak-anak Anda, maupun untuk mensokong kebutuhan lain selain dan di luar keharusan untuk membayar utang. 

Jika Anda sudah telanjur terlibat dalam utang yang tinggi, Anda harus mulai merencanakan untuk menguranginya kali ini. Anda juga bisa melakukan review terkait keseimbangan pengeluaran Anda. 

 4. Bikin surat wasiat

Terakhir adalah memiliki surat wasiat. Meskipun baru menginjak usia 40 tahun, hal ini tidak menjadikan Anda untuk tidak memiliki surat wasiat. Dengan memilikinya pada waktu yang lebih cepat, Anda secara tidak langsung telah mempermudah kehidupan Anda dalam konteks pengurusan harta serta pengamanahan harta ke depannya.


    Category : Nasional    
    Tags        : #nasional    
    Sumber  : liputan6.com


    0 Komentar :



    Isi Komentar :
    Nama :
    Website :
    Komentar
     
     (Masukkan 6 kode diatas)

     








      Terkini  



      Most Popular  



      Teknologi  




    Industri Iklan Terimbas Perlindungan Data Eropa

      Ekonomi Bisnis  




    BEI perbarui sistem perdagangan dengan JATS NextG