Sabtu, 01 September 2018 - 09:47:55

Bocah 13 Tahun Nikahi Gadis Berusia 17 Tahun

    Habibi Muthalib Hits : 1    

cakaplah.com


Bantaeng,Riauaksi.com – Pernikahan dini terjadi di Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan. Reski, bocah yang baru berumur 13 tahun telah menikahi Mia, gadis berusia 17 tahun.


Akad nikah keduanya berlangsung di kediaman pribadi mempelai perempuan, Desa Bonto Marannu, Kecamatan Uluere, Bantaeng pada Kamis malam, (30/8/2018). Padahal, Reski yang masih belia ini baru saja menyelesaikan pendidikan sekolah dasar. Sementara, Mia adalah siswi kelas 2 di sekolah menengah kejuruan.

Merujuk pada Undang-undang Nomor 1 tahun 1974 tentang Perkawinan, pernikahan kedua anak ini tentunya telah melangggar aturan. Sebab Pasal 7 ayat (1) menyebut bahwa perkawinan hanya diizinkan jika pihak pria sudah mencapai umur 19 tahun dan pihak wanita sudah mencapai umur 16 tahun.

Pemerintah Kabupaten Bantaeng menyayangkan tindakan yang dilakukan oleh kedua orang tua mempelai yang merestui pernikahan dini ini. 

Kepala Bidang (Kabid) Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bantaeng, Syamsuniar Malik, mengaku tidak menerima adanya laporan rencana pernikahan ini. Syamsuniar juga menyebut bahwa pernikahan ini belum melapor ke Kantor Urusan Agama (KUA).

"Kami tidak sempat mendeteksi, hingga berlangsung akad nikah. Sehingga belum sempat kami lakukan pendampingan dan bimbingan," ujar Syamsuniar.

Syamsuniar menduga pihak keluarga kedua mempelai tak melaporkan pernikahan anaknya ke KUA lantaran sudah meyakini akan mendapat penolakan. Syamsuniar pun turut prihatin atas pernikahan ini.

"Pemerintah sudah sangat masif melakukan sosialisasi di Kabupaten Bantaeng, tapi apa mau dikata ini di luar kemampuan kami. Insya Allah kami upayakan lebih masif lagi pemahaman tentang hukum dan akibatnya ke depan," kata Syamsuniar.


    Category : Internasional    
    Tags        : #lifestyle,#nasional    
    Sumber  : cakaplah.com


    0 Komentar :



    Isi Komentar :
    Nama :
    Website :
    Komentar
     
     (Masukkan 6 kode diatas)

     








      Terkini  



      Most Popular  



      Teknologi  




    Satelit Merah Putih Resmi Mengorbit

      Ekonomi Bisnis  




    BEI perbarui sistem perdagangan dengan JATS NextG