Selasa, 23 Oktober 2018 - 16:03:04

Targat Vaksin MR Tidak Merata DIPakanbaru,Itu Pengakaun Dari Warga

    eko Putra Wandi Hits : 1    

TribunPekanbaru.com


PEKANBARU,Riauaksi.com - Target pemerintah dalam mensukseskan program pemberian imunisasi campak dan rubella (MR), dipastikan tidak tercapai.

Apalagi targetnya hingga akhir Oktober 2018 ini, anak di bawah usia 15 tahun bisa ikut 95 persen, jauh dari harapan. Terutama target di Kota Pekanbaru.

 Sebab, hingga pekan ketiga Oktober ini saja, realisasi pelaksanaan vaksin MR, baru mencapai 21,5 persen. Kenapa bisa tidak tercapai?

Irda, orangtua siswa pelajar salah satu SDN di Kota Pekanbaru saat dijumpai  di Kelurahan Tobek Godang, Tampan, Pekanbaru, Selasa (23/10/2018) mengaku, gagalnya capai target vaksin MR ini, karena kesalahan pemerintah sendiri.

"Kenapa awalnya kemarin ada fatwa dari MUI haram," akunya menjawab 

Itu lah pemicu awal sehingga para orangtua takut anaknya ikut divaksin. Meski setelah itu, pemerintah kembali mengatakan vaksin MR tidak haram, dengan meyakinkan tidak ada unsur babi dan sebagainya.

Belum lagi ada beberapa berita di Medsos, korban vaksin MR di beberapa daerah di Indonesia, meski itu hoax. Sehingga rasa percaya masyarakat makin pudar, meski Diskes gencar melakukan sosialisasi ke ke sekolah," tambah orangtua siswa lainnya, Zubaedah.

Sebenarnya masyarakat mau ikut vaksin MR ini, apalagi gratis. Bahkan petugas dinas atau Puskesmas datang ke sekolah, untuk memvaksin para siswa.

Itu tadi, informasi awal haram tersebut yang membuat masyarakat takut anaknya kenapa-kenapa. Makanya lebih baik tidak sama sekali. Apalagi sebagian orangtua, sudah lengkap mengimunisasi anaknya sejak lahir hingga umur 9 bulan dan seterusnya. Jadi tidak perlu vaksin MR ini," tambahnya.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldi Senin kemarin mengaku, di sisa waktu hingga akhir Oktober ini, berat merealisasikan target 95 persen, masyarakat ikut vaksin MR.

Untuk diketahui saja, hingga pekan ketiga Oktober, capaian pelaksanaan imunisasi vaksin MR baru sekitar 60.386 jiwa dari target 281. 211 jiwa. Ini berdasarkan data dari 21 Puskemas yang ada di Kota Pekanbaru.


    Category : Riau    
    Tags        : #pekanbaru,#Prov Riau    
    Sumber  : TribunPekanbaru.com


    0 Komentar :



    Isi Komentar :
    Nama :
    Website :
    Komentar
     
     (Masukkan 6 kode diatas)

     








      Terkini  



      Most Popular  



      Teknologi  




    Satelit Merah Putih Resmi Mengorbit

      Ekonomi Bisnis  




    BEI perbarui sistem perdagangan dengan JATS NextG