Sabtu, 26 Maret 2016 - 13:20:20

BEM FKIP UR Sukses Gelar Gebyar Pendidikan di Desa Langkan

    by : Depi Putra Yanto    
     
    Hits : 8299    


Pekanbaru, Riauaksi.com- BEM FKIP Universitas Riau suskes mengadakan Gebyar Pendidikan di Desa Langkan, Kecamatan Langgam, Kabupaten Pelalawan.

Kegiatan yang ditaja oleh Dinas Pendidikan BEM FKIP Universitas Riau ini dilaksanakan pada 18-20 Maret 2016. Gebyar pendidikan yang merupakan nama lain dari aksi peduli pendidikan ini diikuti pengurus BEM FKIP yang berjumlah kurang lebih 40 orang. Kegiatan yang merupakan bagian dari aplikasi tridarma perguruan tinggi ini memilih Desa Langkan sebagai tempat pengabdian sebab desa ini pantas mendapatkan sentuhan tangan, terutama di bagian pendidikan. Seperti dilansir dari Riauterkini, Sabtu (26/03).

“Tujuan kegiatan ini adalah sebagai wujud aplikasi dari point ke-3 tridarma perguruan tinggi, yaitu pengabdian. Jadi melalui turun langsung ke desa dan masyarakat, BEM FKIP bisa benar-benar memberikan kontribusi nyata berbakti untuk negeri. Sudah saatnya mahasiswa turun ke masyarakat mengaplikasikan ilmu-ilmu yang didapat di bangku kuliah,” ujar Muhammad Fauzi selaku Plt Gubernur Mahasiswa BEM FKIP UR, Jumat (25/03/16).

Hari pertama, agenda dimulai dari kunjungan ke kantor Bupati Pelalawan, kemudian dilanjutkan dengan silaturahmi ke kantor Desa Langkan dan survei beberapa lokasi yang akan dijadikan tempat untuk kegiatan.

Selanjutnya, di hari kedua dilaksanakan kegiatan ranking 1, permainan benar salah dan motivasi pendidikan untuk SD N 015 dan SD N 009 Langkan yang langsung diberikan oleh Monica Ayu Putri selaku Kepala Dinas PSDM. Sedangkan untuk tingkat SMA kegiatan diadakan di SMA N 02 Langgam berupa sosialisasi bahaya HIV/Aids oleh Ayu Intan, sosialisasi perguruan tinggi oleh Elya Astika selaku Duta Pendidikan FKIP 2015 dan motivasi beasiswa oleh Tengku Novenia Yahya yang dimoderatori langsung oleh Fretycia Laurenty.

Di tempat lain, tepatnya di balai Desa Langkan dimoderatori oleh Parindra Firmando berlangsung seminar tentang pendidikan keseimbangan lingkungan oleh Putri Andini Agustin selaku Duta Lingkungan Hidup Pekanbaru dan pembekalan soft skill cara pembuatan bros jilbab dari kain perca.

Sore harinya kegiatan dilanjutkan dengan meninjau kondisi SD N 015 Langkan. SD ini memiliki beberapa ruang kelas yang letaknya di teras, tanpa dinding langsung bersentuhan dengan sinar matahari. Esok harinya, kegiatan dilanjutkan dengan senam bersama, aksi penanaman pohon, gotong royong, masak besar dan makan bersama warga Desa Langkan.

“Di sini, siswa SMA nya masih minim yang berminat melanjutkan kuliah setelah tamat SMA. Dari 40 siswa kelas 3, hanya 9 orang yang mau mendaftar SNMPTN. Alasan mereka ialah kendala ekonomi keluarga dan anggapan mereka kuliah tidak terlalu penting. Anak-anak seperti ini pantas mendapatkan semangat dan dorongan motivasi agar mereka menyadari bahwa pendidikan itu sangat penting bagi masa depannya,” ujar Novenia.

Gebyar Pendidikan ini disambut baik oleh Pemerintah Kabupaten Pelalawan dan masyarakat Desa Langkan. Hal ini terlihat dari antusias masyarakat untuk mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang diselenggarakan.

“Inilah kami dari BEM FKIP Universitas Riau, salah satunya mengabdi melalui Gebyar Pendidikan. Meskipun cuma tiga hari berada di sini, tetapi kami berusaha memberikan yang terbaik semampu kami untuk kebaikan Desa Langkan ini,” tutup Dedy Prianto Ja selaku ketua pelaksana.


    Category : Riau    


    Tags : google,pelalawan    


    Sumber :



Akses Riauaksi.com Via Mobile m.riauaksi.com


1 Komentar :

http://www.iamsport.org/pg/pages/view/31875924/
28 Maret 2017 - 01:22:54 WIB

Or even, then how happen you speak your indigenous language
thus with certainty consequently fluently.
<< First | < Prev | 1 | Next > | Last >>

Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 


  Terkini  



  Most Popular  



  Pilihan  


  Teknologi  


Pembatasan Kuota Transportasi Online Dinilai Akan Menambah Pengangguran
JAKARTA - Pemerintah melakukan pembatasan kuota transportasi online. Hal itu berpotensi akan menciptakan pengangguran baru. Diketahui, selama ini

  Olahraga  


PBFC Jajaki Marquee Player di Tiga Negara Ini
SAMARINDA - Pusamania Borneo FC (PBFC)rupanya belum ingin menyudahi tambahan amunisi dalam rangka menyambut Liga 1. Klub kebanggaan Kota Tepian itu

  Ekonomi Bisnis  


Memiliki Potensi, Banyak Ilmuwan Asing Lakukan Penelitian di Indonesia
JAKARTA - Produktivitas peneliti Indonesia perlu terus ditingkatkan. Tak cukup sampai di situ, hasil riset harus disertai dengan publikasi di jurnal

  English Version  


"Tree Man" cured of rare disease that gave him branchlike hands and feet
AFTER enduring 16 gruelling surgeries spanning a year, Bangladesh&rsquo;s &ldquo;Tree Man&rdquo; has finally been cured. Adul

  Unik  


Kambing di Bogor Doyan Makan Uang dan Rendang
BOGOR - Kambing merupakan makhluk herbivora alias hewan pemakan tumbuhan. Namun, kambing betina milik Tati (49) ini berbeda dari kambing lainnya,