Senin, 05 Juni 2017 - 15:07:38

Dukung "Bolu Berendam" Inhu Jadi Makanan Tradisonal Terpopuler

    Michael B. Bara Hits : 13271    

***mcr


RENGAT - Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (DISPORAPAR) Kabupaten Indragiri Hulu turut berpartisipasi pada Anugerah Pesona Indonesia (API) dengan Kategori 4, yaitu Hidangan Tradisional Terpopuler tahun 2017. 

Adapun kuliner tradisional yang terpilih adalah  Bolu Berendam. Penyelenggaraan API ini merupakan rangkaian kegiatan tahunan guna membangkitkan apresisasi masyarakat terhadap pariwisata indonesia serta mendorong peran serta pemerintah daerah untuk lebih giat mempromosikan pariwisata pada daerahnya.
 
Ditemui dikantornya Kadisporapar Inhu, Drs. Armansyah didampingi  Kabid Pariwisata Ahmad Fahmi, S.Sos membenarkan bahwa Bolu Berendam memang terpilih untuk mengikuti acara API.

Alasan kenapa Bolu Berendam ini terpilih karena sudah beberapa dibawa saat ada pameran, festival. "Bisa jadi disana sudah banyak sekali mencicipi dan memang hanya kita  memiliki keunikan sendiri dari cita rasanya sehingga kami diundang untuk mengikuti acara tersebut, tutur Arman.  
 
Program API ini telah mendapat dukungan penuh dari Kementerian Pariwisata Republik Indonesia melalui surat nomor HK.505/10/2/DP3N/KEMPAR/2016. Teknis penyelenggaraan API akan dimulai dengan memberikan kesempatan kepada pemerintah daerah Kabupaten/Kota, dibawah koordinasi Pemerintah Daerah tingkat Provinsi, melalui kepala Dinas Pariwisata untuk memberikan usulan nominasi bagi setiap kategori yang telah ditentukan panitia dan tim perumus. 

Setelah itu kegiatan API adalah mengajak masyarakat untuk memilih destinasi ataupun objek wisata terbaik dengan cara memberikan suara (voting) bagi destinasi atau objek wisata yang dipilih secara online ataupun melalui SMS.
 
Bolu Berendam merupakan kuliner asli Indragiri Hulu yang bercita rasa manis dan biasanya dihidangkan pada acara-acara tertentu bagi masyarakat setempat. 

"Bolu berendam ini selain sebagai kuliner tradisional khas Indragiri Hulu, makanan ini merupakan hidangan besar yang maksudnya dihidangkan pada acara besar seperti lebaran dan acara pernikahan, jadi sangat tinggi nilainya di sisi masyarakat."ungkap Arman.
 
Arman juga mengatakan nilai budaya melekat pada Bolu Berendam ini. Tentu tidak terlepas dari peran masyarakat setempat terutama generasi muda yang diharapkan mampu mempertahankan dan mengembangkan nilai Pariwisata di Indragiri Hulu. 

"Kita sangat memerlukan promosi khususnya Bolu Berendam ini, karena generasi Inhu sekarang harusnya bisa mempertahankan kuliner aslinya dan dengan terangkatnya Bolu Berendam masuk sebagai Nominasi API mampu membangkitkan semangat generasi muda untuk belajar cara membuatnya agar tetap lestari" terangnya kemudian.
 
Terkait teknis promosi yang akan dilakukan Disporapar selanjutnya, Kabid Pariwisata Ahmad Fahmi S.Sos mengatakan akan memanfaatkan setiap kesempatan untuk mempromosikan secara gencar Bolu Berendam ini. 

"Tidak hanya promosi ke media sosial tetapi kami juga akan secara gencar mempromosikan Bolu Berendam pada momen lebaran nanti. Kami akan membuat model Bolu Berendam dari sterofoam sembari berkeliling dengan beduk saat takbiran juga spanduk informasi tata cara memberi dukungan pada kuliner khas Inhu mengingat pasti banyak sekali masyarakat yang akan berkumpul."jelasnya.
 
Lebih lanjut Fahmi juga memberikan informasi bahwa pemungutan suara (vote) akan dimulai tanggal 1 Juni 2017 s/d 31 Oktober 2017. "Masyarakat Inhu atau siapapun yang mendukung Bolu Berendam pada Nominasi Makanan Tradisional Terpopuler 2017 dapat mengirimkan dukungan dengan cara, ketik API 4C KIRIM KE 99386 dengan biaya SMS hanya 2000/semua operator, selain itu dukungan juga bisa dikirimkan di website https://anugerahpesonaindonesia.com," tambahnya.


    Category : Berita Pilihan    
    Tags        : #advertorial    
    Sumber  : ***mcr


0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 








  Terkini  



  Most Popular  



  Teknologi  




Toyota Rilis New Etios Cross X-Edition, Tambahkan Sentuhan Crossover

  Ekonomi Bisnis  




Agustus, Penjualan Mobil di Indonesia Meningkat Jadi 96.461 Unit