Senin, 31 Juli 2017 - 18:03:14

Cara Setting Keyboard Android Bahasa Arab

    Michael B. Bara Hits : 916719    

begawei


Bagi para pemilik smartphone Android yang ingin menggunakan ejaan Arab pada smartphonenya maka topik mengenai cara setting keyboard Android bahasa Arab yang akan Begawei ulas kali ini nampaknya menjadi pokok bahasan yang tepat. Umumnya, banyak tutorial mengenai cara mengetik huruf Arab di Android yang banyak tersebar di internet di mana dari setiap tutorial tersebut ada yang mudah dan ada yang sangat rumit. Namun, yang jelas bahwa cara setting keyboard Android dengan bahasa Arab yang akan Begawei ulas kali ini akan menampilkan langkah-langkah yang mudah dan tak terlalu rumit sehingga bisa kawan terapkan dengan mudah. Selain itu, beberapa langkah yang akan kita bahas pada pembahasan kali ini pun juga tak perlu mengganti launcher yang sudah support Arabic atau melakukan root. Sehingga, bisa dipastikan bahwa cara setting keyboard Android Bahasa Arab yang akan kita ulas kali ini, selain mudah tentu lebih aman dan tak akan mengganggu sistem lain. Lalu, bagaimana sih caranya?

Sebelum kita jauh menginjak pada topik yang terkait dengan bagaimana cara setting keyboard Android bahasa Arab, ada beberapa hal yang perlu untuk diketahui. Di mana, bahwa pada langkah-langkah yang akan kita lakukan kali ini merupakan sebuah setting yang hanya menambah fungsi pada keyboard dari perangkat Android sehingga tak merubah bahasa perangkat Android secara keseluruhan. Dengan kata lain bahwa cara setting keyboard Android menggunakan bahasa Arab yang akan kita terapkan kali ini menerapkan sebuah pengaturan bahasa Android yang tetap menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris mengingat hanya menambah fungsi keyboard pada perangkat smartphone Android. Jadi, hal ini berbeda dengan launcher system yang umumnya digunakan oleh banyak orang mengingat topik kali ini Begawei hanya akan menginformasikan bagaimana cara melakukan settings on–screen keyboard pada perangkat Android untuk menunjang penulisan bahasa Arab. Sehingga, dengan menerapkan langkah ini maka dipastikan tak akan mengganggu atau merubah sistem operasi atau kinerja bawaan dari ponsel Android yang kawan miliki. Lalu, kira-kira bagaimana sih cara setting keyboard Android bahasa Arab itu? Nah, untuk lebih jelasnya, mari kita simak ulasannya di bawah ini!

Cara Setting Keyboard Android Dengan Bahasa Arab

Cara Settings Keyboard Android Bahasa Arab

Perlu untuk kawan ketahui bahwa pada cara setting keyboard Android bahasa Arab kali ini ada dua langkah yang bisa dilakukan. Kedua langkah tersebut yaitu:

Cara Setting Keyboard Android Bahasa Arab 1

  1. Langkah pertama dari cara setting keyboard Android bahasa Arab 1 ini adalah masuk pada menu Setting Android yang kawan miliki.
  2. Kemudian, pilih personalisasi lalu di bagian bawah personal, masuk pad Language & Input.
  3. Nantinya, akan muncul di bagian bawah Keyboard & Input Methods, lalu masuk pada menu Android Keyboard. Perlu diketahui bahwa Android Keyboard ini memiliki nama yang berbeda dan tergantung pada merk yang digunakan. Misalnya, untuk ponsel Samsung bisa menggunakan Samsung Keyboard sedangkan Asus menggunakan ZenUI Keyboard.
  4. Jika sudah, maka cara setting keyboard Android bahasa Arab 1 yang selanjutnya adalah masuk pada menu Input Languages sampai muncul tampilan baru.
  5. Nah, menginjak pada langkah berikutnya, akan muncul sebuah tampilan menu Use System Language di mana secara default atau bawaan, menu tersebut tercentang yang berarti On. Pada tahapan ini, klik pada menu yang tercentang On tersebut (Un-Check). Namun, apabila menu Use System Language tersebut masih saja tercentang maka dipastikan kawan tak akan bisa memilih atau mengaktifkan beberapa pilihan bahasa lainnya, termasuk bahasa Arab.
  6. Selanjutnya, cek pada bagian bawah menu Active Input Methods, cari dan centang Arabic.
  7. Selesai sudah cara setting keyboard Android bahasa Arab 1 ini.

Cara Setting Keyboard Android Bahasa Arab 2

  1. Nah, untuk cara setting keyboard Android bahasa Arab 2 ini, buka sebuah aplikasi bebas yang nantinya akan memunculkan on-screen keyboard pada ponsel Android yang kawan miliki. Contohnya, seperti Note, SMS, BBM, WA atau Line.
  2. Jika sudah, pada bagian keyboard, pilih menu settings yang umumnya memiliki logo roda gigi atau titik tiga yang tersusun secara vertikal. Klik keyboard settings
  3. Apabila sudah masuk pada menu setting maka langkah selanjutnya dari cara setting keyboard Android bahasa Arab 2 ini adalah klik pada menu Inputs Language.
  4. Berikutnya, akan muncul tampilan baru di mana menu Use System Language dalam keadaan On atau tercentang. Nah, tugas kawan, hilangkan tanda centang tersebut (Un-Check) sehingga dari On menjadi Off.
  5. Nah, beralih ke tahapan selanjutnya, pada bagian menu pilihan Active Input Methods, pilih Arabic.
  6. Maka, selesai sudah penerapan langkah-langkah dari cara setting keyboard Android bahasa Arab 2 ini.
  7. Memang, sekilas penerapan dari kedua cara setting keyboard Android bahasa Arab yang disajikan di atas cukup mudah dan tak terlalu rumit. Namun di sisi lain, untuk diketahui juga bahwa apabila kawan ingin kembali ke pengaturan awal atau semula yang mana keyboard nantinya hanya akan berfungsi untuk penulisan huruf latin saja maka kawan-kawan hanya tinggal mengaktifkan atau mencentang pada menu “Use System language”. Nantinya, secara otomatis dipastikan bahwa bahasa tambahan seperti Arabic atau lainnya akan terhapus atau tidak aktif.

    Cara Setting Keyboard Menggunakan Android Bahasa Arab

    Memperbesar Huruf pada Keyboard dan Hasil Tulisan pada Layar

    Seperti diketahui bersama bahwa huruf Arab itu sangat banyak dan kompleks sekali, berbeda dengan huruf latin. Selain itu, supaya tulisan bahasa Arab bisa tampak lebih jelas dan lengkap dengan tanda-tandanya maka perlu juga diperbesar hasil penulisan pada layar juga. Oleh sebab itu, sebelum mengulas cara setting keyboard Android bahasa Arab, Begawei akan terlebih dahulu memberikan info penting mengenai cara memperbesar huruf pada keyboard dan hasil tulisan pada layar.
    Memperbesar huruf pada Keyboard

    • Pilih menu keyboard settings sesuai dengan merk ponsel Android masing-masing. (Contoh, Asus : ZenUI, Samsung : Samsung Keyboard).
    • Pilih menu Advanced Settings
    • Jika sudah maka pilih atau klik menu Larger Characters dengan mencentang untuk mengaktifkannya ukuran huruf yang lebih besar.

    Memperbesar Hasil Tulisan pada Layar

    • Pertama, masuk pada pengaturan atau menu Settings
    • Kemudian, pilih Device. Lihat, di bawah menu Device pilih Display.
    • Setelah itu akan muncul tampilan baru di mana pada tampilan baru ini, klik menu Font Size centang Large atau Huge. Setelah itu, nantinya akan tampak perubahan ukuran tulisan yang lebih besar pada layar.

    Kedua langkah-langkah memperbesar huruf pada keyboard dan hasil tulisan pada layar di atas, baik memperbesar huruf maupun merubah ukuran tulisan pada layar agar lebih besar, tentu dilakukan untuk mempermudah pengguna dalam membaca atau memahami tulisan bahasa Arab. Hal itu tak lepas dari kompleksnya huruf Arab, terutama ketika menggunakan harakat. Tentu saja, dengan adanya kedua langkah memperbesar huruf pada keyboard dan hasil tulisan pada layar di atas, akan menambah pengetahuan anda dalam cara setting keyboard Android bahasa Arab.

    Cara Setting Keyboard HP Android Bahasa Arab

    Nah, sampai di sini, tampaknya ulasan mengenai cara setting keyboard Android bahasa Arab serta beberapa pengaturan ukuran hurufnya bisa teman-teman terapkan pada ponsel Android. Sehingga, dengan melakukan beberapa langkah di atas maka dipastikan ponsel Android yang kawan miliki bisa digunakan untuk menulis bahasa Arab. Semoga, informasi mengenai tips dan langkah-langkah terkait cara setting keyboard Android bahasa Arab yang Begawei jelaskan di atas bisa menambah wawasan buat teman-teman semua. Jangan lupa baca juga mengenai Cara Melacak HP Android yang Hilang Tanpa Aplikasi dan Cara Cek MAC Address.


    Category : Teknologi    
    Tags        : #teknologi    
    Sumber  : begawei


0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 








  Terkini  



  Most Popular  



  Teknologi  




Layar Full Screen OPPO F5 Berikan Pengalaman Visual Terbaik

  Ekonomi Bisnis  




Indonesia Sosialisasikan Sawit Lestari ke Warga Asing