Selasa, 01 Agustus 2017 - 16:28:10

CEO Telegram Pavel Durov Akhirnya Bertemu Rudiantara

    Michael B. Bara Hits : 13887    

tirto


Pavel Durov, CEO Telegram, akhirnya bertemu dengan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara di kantor Kemenkominfo, Jakarta, Selasa (1/8/2017).

Pavel, datang ke kantor Kominfo, dengan menumpang mobil dinas Rudiantara. Dalam keterangan persnya, Rudiantara mengungkapkan bahwa ia baru saja melaksanakan santap siang dengan Durov.

"Kita mau rapat dulu untuk pembuatan SOP, komunikasi lanjut, siapa orang-orangnya agar kita bisa cepat-cepat mencabut pemblokiran Telegram," ungkap Rudiantara kala menyambut para awak media yang menunggunya.

Rudiantara, tidak memberikan keterangan lebih lanjut. Ia segera bergegas menuju ruang rapat dan melakukan pembicaraan dengan Durov.

Pertemuan Durov dengan Menkominfo, merupakan imbas dari diblokirnya 11 DNS (Domain Name Server) Telegram pada medio Juli lalu.

Pemblokiran DNS Telegram, terkait dengan penggunaan platform tersebut oleh pihak-pihak yang terkait dengan terorisme dan radikalisme. Penggunaan Telegram oleh kalangan tersebut, diketahui karena Telegram, menerapkan enkripsi yang baik dan fokus pada privasi penggunanya.

Namun, meskipun disukai kalangan radikal, Telegram juga digunakan masyarakat luas lainnya. API (Aplication Programming Interface) Telegram, banyak dipakai kalangan komunitas untuk mempermudah keseharian mereka.

Sementara itu, staf ahli Kementerian Komunikasi dan Informatika Henry Subiakto mengakui bahwa Kemenkominfo membuka lebar kesempatan Telegram untuk beroperasi kembali di Indonesia.

Henry mengatakan meski sempat dicap sebagai saluran penyebaran terorisme, Telegram dikatakan sudah menjalin kesepakatan kerjasama dengan pemerintah, Sabtu (29/7/2017). 

Menurut pemaparan Henry, Telegram sudah setuju untuk mengadakan negosiasi dengan pemerintah. Meski tidak merinci kapan Telegram akan kembali aktif di Indonesia, Henry memaparkan bahwa Kemenkominfo siap menyambut kembali. Sebagian besar negosiasi berjalan lancar dan sudah disetujui oleh pemerintah.


    Category : Teknologi    
    Tags        : #teknologi    
    Sumber  : tirto


0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 








  Terkini  



  Most Popular  



  Teknologi  




Toyota Rilis New Etios Cross X-Edition, Tambahkan Sentuhan Crossover

  Ekonomi Bisnis  




Agustus, Penjualan Mobil di Indonesia Meningkat Jadi 96.461 Unit