Kamis, 07 September 2017 - 14:41:31

Pemerintah Jamin Seleksi CPNS Tahun Ini Bebas dari Calo

    Habibi Muthalib Hits : 9985    

Situsriau.com


YOGYAKARTA,Riauaksi.com - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Asman Abnur menegaskan sistem yang digunakan dalam seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dengan computer assisted test (CAT) akan menutup celah gerak calo. Selain itu, ia menjamin tidak ada pungutan uang dalam seleksi CPNS tersebut.

Saat ini pemerintah membuka lowongan penerimaan CPNS putaran kedua di 60 kementerian/lembaga dan satu pemerintah provinsi, yaitu Provinsi Kalimantan Utara. Formasi untuk Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara sebanyak 500. Sedangkan jumlah lowongan/formasi CPNS untuk kementerian/lembaga, sebanyak 17.428.

Asman mengatakan, seleksi CPNS dengan CAT akan menutup celah gerak dan praktik percaloan. Karena dengan sistem ini kelulusannya langsung diketahui pada saat tes. Berapa soal yang dikerjakan, berapa soal yang benar dan yang salah bisa langsung diketahui.

"Dengan sistem CAT tidak ada celah lagi bagi orang yang bisa mengatasnakam bisa membantu. Itu tidak mungkin. Saya sebagai menteri pun tak bakalan bisa membantu," kata Asman usai menghadiri acara Workshop Badan Legislasi DPR RI, di Hotel Eastparc Yogyakarta, Rabu (6/9/17).

Menurutnya, saat ini ada panitia seleksi nasional (Panselnas) yang terdiri dari kementerian dan lembaga yang digabung dalam Panselnas. Soal-soal tes untuk seleksi CPNS juga diprotek oleh lembaga sandi negara.

"Jadi tidak bisa lagi kita bantu seperti jaman-jaman dulu kala. Jadi sekali lagi, saya berharap tidak ada pungutan satu sen pun dalam rekruitmen pegawai negeri ini. Semua berdasar ranking prestasi yang dihasilkan dari hasil tes," katanya seperti dilansir detikcom.

Seperti diberitakan sebelumnya, setelah pembukaan lowongan CPNS untuk Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) serta Mahkamah Agung (MA) pada Agustus 2017, kini pemerintah kembali membuka lowongan penerimaan CPNS putaran kedua. Kali ini, penerimaan CPNS ditujukan untuk 60 kementerian/lembaga dan satu pemerintah provinsi, yaitu Kalimantan Utara.

Kebijakan penerimaan CPNS 2017 ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pegawai pada jabatan-jabatan strategis (core business) sebagai pengganti PNS yang pensiun, serta karena adanya peningkatan beban kerja pada kementerian/lembaga dimaksud. Khusus untuk Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara, pertimbangannya karena daerah itu merupakan provinsi pemekaran yang masih sangat kekurangan pegawai.
Dijelaskan, formasi untuk kementerian/lembaga, termasuk untuk putra/putri lulusan terbaik (cum laude/dengan pujian) sebanyak 1.850, penyandang disabilitas sebanyak 166, serta putra/putri Papua dan Papua Barat sebanyak 196.

Seperti pendaftaran sebelumnya, calon pelamar hanya dapat mendaftar pada satu instansi dan memilih satu jabatan. Bagi pelamar yang sudah mendaftar pada penerimaan putaran pertama (Kemenkumham dan MA) diperbolehkan mendaftar kembali dengan menggunakan account SSCN yang telah dibuat sebelumnya.

Apabila terdapat pendaftar pada penerimaan putaran pertama sudah dinyatakan lulus/final diminta untuk tidak mendaftar lagi pada penerimaan putaran kedua.

Informasi resmi terkait dengan persyaratan pendaftaran dan jadwal dapat diakses mulai Selasa (5/9) pukul 23.00 WIB di Situs Kementerian PANRB www.menpan.go.id, situs BKN: https://sscn.bkn.go.id, serta situs kementerian/lembaga yang bersangkutan.


    Category : Nasional    
    Tags        : #nasional    
    Sumber  : Situsriau.com


0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 








  Terkini  



  Most Popular  



  Teknologi  




Toyota Rilis New Etios Cross X-Edition, Tambahkan Sentuhan Crossover

  Ekonomi Bisnis  




Agustus, Penjualan Mobil di Indonesia Meningkat Jadi 96.461 Unit