Jumat, 08 September 2017 - 09:06:11

Belanja Pegawai di Sumbar Naik 40 Persen, Dampaknya Anggaran Infrastruktur Dipangkas

    Habibi Muthalib Hits : 10177    

Fokusriau.com


PADANG,Riauaksi.com - Belanja pegawai Pemerintah Provinsi Sumatera Barat naik secara signifikan, dari awalnya 21 persen sekarang menjadi 40 persen. Akibatnya, anggaran untuk pembangunan infrastruktur terpaksa dipangkas.

"Kenaikan belanja pegawai ini pasca penarikan kewenangan dan personel SMA/SMK dari kabupaten/kota ke provinsi. Sehingga jumlah ASN bertambah dari awalnya 8.000 orang menjadi 22.000 orang," kata Gubernur Irwan Prayitno, Kamis kemarin di Padang.

Dikatakan, pemangkasan terkait dengan menurunnya kemampuan provinsi dalam pembangunan infrastruktur yang menjadi kewenangannya tahun 2017. Penarikan ASN tersebut sebenarnya bukan persoalan, asalkan Dana Alokasi Umum (DAU) untuk gajinya juga dialihkan dari kabupaten/kota ke provinsi.

Kenyataannya yang dipindahkan hanya status ASN-nya, sementara DAU untuk gaji tetap berada di kabupaten dan kota. Akibatnya, anggaran yang ada di provinsi terpaksa dialihkan untuk membayarkan gaji guru. Sehingga otomatis, beban belanja pegawai membengkak dari awalnya hanya 21 persen menjadi 40 persen.

Konsekuensinya, anggaran yang seharusnya bisa digunakan untuk pembangunan terpaksa di pangkas, paling banyak dalam bidang infrastruktur. "Jadi bupati dan wali kota jangan protes dulu kalau jalan provinsi di daerah saat ini belum bisa dimaksimalkan. Inilah penyebabnya," ujarnya.

Dikatakan, persoalan anggaran itu sudah disampaikan pada Kementerian Keuangan. Pemprov Sumbar menurutnya telah dua kali menyurati Mentri Keuangan namun belum mendapat respon, kemungkinan karena dasar hukum kebijakan itu adalah Peraturan Pemerintah (PP). "Merubah PP memang tidak mudah. Mungkin itu sebabnya. Namun kita berharap persoalan ini bisa menjadi perhatian kementerian terkait," tukasnya.

    Category : Nasional    
    Tags        : #nasional    
    Sumber  : Fokusriau.com


0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 








  Terkini  



  Most Popular  



  Teknologi  




Toyota Rilis New Etios Cross X-Edition, Tambahkan Sentuhan Crossover

  Ekonomi Bisnis  




Agustus, Penjualan Mobil di Indonesia Meningkat Jadi 96.461 Unit