Sabtu, 09 September 2017 - 09:39:54

Ribuan Warga Kota Padang Protes Aksi Kekerasan Terhadap Muslim Rohingya

    Habibi Muthalib Hits : 15169    

Fokusriau.com


PADANG,Riauaksi.com -Ribuan warga Kota Padang, Sumatera Barat menggelar aksi solidaritas "Bela Muslim Rohingya" dengan melakukan aksi jalan kaki. Ini merupakan bentuk protes terhadap kekerasan yang terjadi kepada muslim Rohingya di Myanmar.

Ribuan warga berjalan kaki sepanjang dua kilometer dari Masjid Agung Nurul Iman menuju Kantor Gubernur Sumatera Barat di Padang, Jumat kemarin. Para peserta membawa berbagai spanduk dengan berbagai tulisan seperti "Peduli Muslim Rohingya", Rohingya Terluka", "Ayo Tolong Mereka, "Save Rohingya", "Stop Killing Muslim Rohingya".

Selain melakukan orasi para peserta juga mengumpulkan donasi di sepanjang jalan yang mereka lalu, mulai dari Masjid Agung Nurul Iman menuju kawasan Imam Bonjol lalu ke jalan Permindo lalu melewati Jalan Ratulangi kemudian ke Kantor Gubernur Sumbar yang terletak di Jalan Sudirman.

Wakil Ketua Forum Masyarakat Minangkabau (FMM) Irfianda Abidin mengatakan, masyarakat mengecam tindakan pembantaian yang dilakukan militer Myanmar terhadap muslim Rohingya. "Sudah ribuan saudara muslim kita yang dibunuh, kami meminta pemerintah Indonesia mengambil sikap terkait persoalan ini," katanya.

Pihaknya menuntut pemerintah menarik duta besar dari Myanmar dan mengusir duta besar Myanmar dari Indonesia. Selain itu kami meminta agar nobel perdamaian milik Aung San Suu Kyi juga dicabut akibat persoalan ini.

Sementara itu, Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah mengatakan, aksi kekerasan ini bukan semata persoalan orang islam saja akan tetapi menyangkut kemanusiaan. "Setiap manusia hendaknya ikut mengutuk sikap tersebut dan melakukan protes," ujar Mahyeldi dalam orasinya.

Dikatakan, pihaknya akan menggalang dana dari seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Padang untuk membantu saudara muslim di Rohingya. "Saya menargetkan bantuan dari ASN Kota Padang mencapai angka Rp2 miliar, kita akan berikan itu untuk membantu saudara kita," tukasnya.

Kabag Ops Polresta Padang Kompol Ediwarman mengatakan, untuk mengamankan aksi tersebut telah diturunkan 350 personel gabungan baik dari Polresta Padang, Polda Sumbar dan Brimob. "Aksi berjalan baik dan lancar, kita telah melakukan rekayasa lalu lintas agar tidak mengganggu pengendara lain yang melintas di lokasi tersebut," katanya.

    Category : Nasional    
    Tags        : #nasional    
    Sumber  : Fokusriau.com


0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 








  Terkini  



  Most Popular  



  Teknologi  




Startup PanenID, Beli Sayur Langsung Ke Petani

  Ekonomi Bisnis  




BRI Berikan Layanan Keuangan Inklusif untuk TKI