Selasa, 12 September 2017 - 10:33:11

Mangkir dari Panggilan, KPK Cek Kebenaran Sakit Setya Novanto

    Habibi Muthalib Hits : 15361    

Situsriau.com


JAKARTA,Riauaksi.com - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Setya Novanto yang merupakan tersangka kasus dugaan korupsi proyek Kartu Tanda Penduduk berbasis elektronik (e-KTP), tidak memenuhi panggilan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dengan alasan sakit, Senin (11/9/17). KPK pun akan mengecek kondisi Ketua Umum Partai Golkar itu.

"Kami menerima surat yang mengatakan beliau (Setya Novanto) sakit. Kalau sakit, akan kami cek dulu," kata Wakil Ketua KPK, Laode Muhammad Syarif di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Laode mengatakan, tidak ada ketentuan batas waktu bagi seseorang yang berhalangan hadir dalam pemeriksaan karena sakit. Meski demikian, KPK tetap akan melayangkan surat pemanggilan lagi kepada Novanto untuk memenuhi pemeriksaan penyidik KPK.

Di tempat berbeda, Pelaksana Harian Kepala Biro Humas KPK, Yuyuk Andriati mengatakan, pihaknya membuka opsi untuk meminta second opinion dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) terkait penyakit yang diderita Novanto. Second opinion merupakan upaya untuk mendapatkan diagnosis lain dari dokter yang berbeda mengenai suatu penyakit.

"Perlu diingat juga bahwa KPK memiliki perjanjian MoU (Memorandum of Understanding) dengan IDI, sehingga kami juga akan cek second opinion atas keterangan sakit dari Setya Novanto," kata Yuyuk di Gedung KPK, Jakarta.

Yuyuk menuturkan, selain meminta keterangan IDI, KPK juga bisa mengecek langsung kondisi Novanto. "Penyidik akan melakukan langkah yang sah secara hukum termasuk pengecekan," ujarnya.

Sekretaris Jenderal Partai Golkar, Idrus Marham mengatakan, Novanto saat ini dirawat di Rumah Sakit Siloam, Jakarta. "Setya Novanto dirawat di Rumah Sakit Siloam dekat Semanggi, karena kemarin (Minggu) masuk dan masih di RS, berarti rawat inap," kata Idrus yang datang ke Gedung KPK bersama Badan Advokasi Partai Golkar untuk menyampaikan surat dari Novanto perihal ketidakhadiran dalam pemeriksaan dengan alasan sakit.

Menurutnya, Novanto tidak bisa menghadiri pemeriksaan karena kadar gula darahnya naik setelah berolahraga. "Saya kira, dengan kondisi ini, (Setya Novanto) tidak mungkin hadir juga besok (hari ini dalam sidang praperadilan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan)," ujar Idrus.

Idrus menuturkan, Novanto sudah mulai diperiksa dokter sejak Minggu malam. "Bahkan tadi (kemarin) saya masih sempat cek, ada tiga dokter dan beberapa perawat (yang menangani)," katanya.

Novanto dirawat oleh dokter spesialis penyakit dalam Stefaus, dokter Daniel Gunawan, dan dokter Santoso. Menurut Idrus, hasil pemeriksaan dokter menyatakan penyakit gula Novanto berpengaruh terhadap fungsi ginjal dan jantung.

Petugas layanan pelanggan RS Siloam, Manuel, membenarkan Novanto tengah dirawat. "Tapi dapat pesan saja dari pihak keluarga Setya Novanto. Kalau ada yang menanyakan, silakan hubungi Pak Idrus Marham saja," katanya.


    Category : Nasional    
    Tags        : #nasional    
    Sumber  : Situsriau.com


0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 








  Terkini  



  Most Popular  



  Teknologi  




Startup PanenID, Beli Sayur Langsung Ke Petani

  Ekonomi Bisnis  




BRI Berikan Layanan Keuangan Inklusif untuk TKI