Selasa, 12 September 2017 - 13:15:41

PLN Selalu Rugi, Pulau Batam Terancam Gelap Gulita

    Habibi Muthalib Hits : 10561    

Situsriau.com


TANJUNGPINANG,Riauaksi.com - Kota Batam, Kepulauan Riau terancam gelap gulita jika tarif listrik tidak dinaikkan 15 persen. Hal ini sesuai permintaan PT Perusahaan Listrik Nasional (PT PLN) Batam.

Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Kepri, Amjon, di Tanjungpinang, Senin (11/9/17), mengatakan, Gubernur Nurdin Basirun belum menyetujui kenaikan tarif listrik tersebut, kecuali sudah disosialisasikan pihak perusahaan, dan disetujui masyarakat Batam.

"Setelah dilakukan sosialisasi, ternyata sebagian Forum RT/RW Batam tidak setuju, Aliansi Masyarakat Peduli Listrik dan warga Kecamatan Sagulung tidak setuju. Ini yang membuat pemerintah belum menyetujuinya," ujarnya.

Amjon mengemukakan, PT PLN Batam mengklaim dalam setiap bulan mengalami kerugian sekitar Rp20 miliar. Kerugian disebabkan biaya operasional yang lebih besar dari pendapatan.

Karena itu, kata dia pada Januari 2017 tarif listrik naik 15 persen dari 30 persen yang diusulkan. Namun ternyata belum mampu menutupi biaya operasional. "BPKP masih mengaudit keuangan PT PLN Batam," ujarnya.

Menurutmya, permasalahan listrik di Batam sulit diselesaikan jika masyarakat tidak setuju tarif listrik kembali dinaikkan 15 persen. Kenaikan tarif listrik 15 persen bukan menguntungkan PT PLN Batam, melainkan dapat bertahan agar tidak mengalami kerugian.

"Kami sarankan dinaikkan pada bulan ini, namun harus disetujui masyarakat agar tidak menimbulkan permasalahan. Tarif listrik naik 15 persen, masih di bawah tarif nasional," ujarnya.

Ia mengatakan PT PLN Batam terancam bangkrut karena pendapatan tidak dapat menutupi biaya operasional. Sementara pemerintah pusat maupun daerah tidak dapat membantu anggaran untuk memulihkan kondisi PT PLN Batam, karena perusahaan itu murni swasta.


    Category : Nasional    
    Tags        : #nasional    
    Sumber  : Situsriau.com


0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 








  Terkini  



  Most Popular  



  Teknologi  




Toyota Rilis New Etios Cross X-Edition, Tambahkan Sentuhan Crossover

  Ekonomi Bisnis  




Agustus, Penjualan Mobil di Indonesia Meningkat Jadi 96.461 Unit