Senin, 18 Desember 2017 - 11:19:57

Bupati Inhil Ajak Masyarakat Jaga Kelestarian Laut

    Habibi Muthalib Hits : 6913    

Riaupos.co


TEMBILAHAN,Riauaksi.com - Dalam rangka mengajak masyarakat untuk selalu menjaga kelestarian lau, Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir menggelar festival memancing udang di sekitar kawasan Pelabuhan Parit 21 Tembilahan, akhir pekan lalu.

Menurut bupati, festival memancing udang merupakan sebuah langkah penting dalam menjaga kelestarian biota laut. Untuk menjaminnya, pemerintah bahkan telah mengeluarkan beberapa regulasi terkait persoalan tersebut.

Berdasarkan Uundang-undang Nomor 45/2009 tentang Perikanan, masyarakat dilarang untuk mengunakan tuba dalam mencari dan ikan maupun udang. Jika terbukti, pelaku dapat dikenakan sangsi pidana. Demikian pula larangan menyentrum.

Selain bertujuan menyosialisasikan cara menangkap udang dengan cara yang ramah, festival memancing itu diharapkan juga dapat dijadikan agenda tahunan mengingat cukup tinggi minat dan partisipasi masyarakat pada acara tersebut.

"Potensi perikanan kita cukup besar. Pemerintah pusat saja melirik daerah kita untuk dijadikan tempat budidaya udang gala dan kepiting," tegas Bupati Inhil HM Wardan.

Senada dengan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Inhil, H  Mukhtar T, mengatakan festival mancing udang merupakan upaya untuk memelihara keseimbangan ekosistem laut dari ulah pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Di Inhil terdapat 12 sungai besar. Didalamnya terkandung potensi biota laut yang luar biasa. Untuk itu diperlukan kesadaran masyarakat agar tidak menggunakan tuba dalam mencari dan menangkap ikan. "Tangkaplah udang dan ikan dengan benar sehingga tidak merusak ekosistem. Tidak menimbulkan kematian biota laut secara masif," tegasnya.

Lebih lanjut, festival mancing udang menjadi sebuah sarana untuk memperkenalkan cara menangkap biota laut yang baik. Dengan begitu kelangsungannya akan dapat bertahan dan terus berkembang.


    Category : Riau    
    Tags        : #inhil,#Prov Riau    
    Sumber  : Riaupos.co


0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 








  Terkini  



  Most Popular  



  Teknologi  




Facebook Setop Layanan Asisten Virtualnya

  Ekonomi Bisnis  




Ketergantungan Utang Asing Bisa Dikurangi dengan Cara Ini