BENGKALIS,Riauaksi.com - Bupati Bengkalis Amril Mukminin, SE, MM menerima gelar adat, Datuk Monti Alam dari Suku Sakai Bathin 8 dan 5 Kabupaten Bengkalis dan Siak. 

Penabalan gelar adat diserahkan oleh para petua Suku Sakai diantaranya Muhamamd Yatim di Rumah Adat Suku Sakai, di Desa Kesumbu Ampai, Kecamatan Bathin Solapan, Rabu (1/5/19) kemarin petang. 

Penabalan gelar adat Datuk Monti Alam dalam bentuk tepung tawar di Rumah Adat Sakai, oleh para petua adat diantaranya Bathin Moajolelo Kh. Amat S, Bomban Petani Kh. Bukhori dan Bathin Beringin Sakai, Ridwan. 

Prosesi Penabalan Diawali dengan pemasangan bongkong atau bekong atau ikat pinggang warna hijau, oleh, Kh. Bukhori, kemudian pesangan selempang oleh Kh.  Amat S, dan Datuk H.M Yatim Iyo Bangso, memasangkan Deta berwarna hitam dengan lis warna putih di kepala dan menyerahkan keris kepada Datuk Monti Alam. 

Amril Mukminin mengucapkan terimakasih dan penghargaan kepada masyarakat adat sakai bathin 8 dan 5 Kabupaten Bengkalis dan Siak, Majelis Kerapatan Adat Bathin Sobanga Sakai Bathin Solapan.


 
Semoga dengan anugerah gelar yang luar biasa ini, dapat lebih mendorong dan memotivasi tekad, semangat, serta dharma bakti kami dalam memberikan pengabdian terbaik kepada masyarakat di Bengkalis, ujar Kepala Daerah Bengkalis.Pemberian adat ini mengandung makna sebuah amanah yang harus diemban. Untuk itu kata Amril Mukminin, dirinya akan menjalankan amanah ini sebaik mungkin. 

Dalam menjalankan roda pemerintahan, akan selalu mendengarkan saran dan masukan dari para tokoh masyarakat yang ada di Negeri Junjungan. Pada waktu bersamaan dilakukan propesi acara menurunkan atau pemberian gelar kepada anak kemenakan Datuk M. Nasir  sebagai Iyo Bangso atau Datuk Bathin 14 atau Bathin Sobanga, Pemberian bokong, Deta dan keris pusako serta tongkek hutan pusako 

Kemudian pemberian gelar kepada Anita dengan gelar Mak Ino Kuning, ditandai pemberian Setopong Pompo Ono, kain tiga warna yang dipasangkan ke kepala dan pemakaian konde atau ikat pinggang, serta keris dan ipuk tau manyem gilo. 

Pelaksanaan adat disebut upah-upah dilaksanakan Datuk M Yatim untuk Bupati Bengkalis Amril Mukminin dan Datuk Nasir sebagai pucuk Bathin Sobanga. 

Upah-upah adalah kepala kambing yang sudah dimasak diatas nasi kuning. 

Pemberian Upah-Upah kepada Bupati Amril Mukminin sebagai tanda pemberian semangat dan selamat dalam menjalankan tugas negara dan adat di negeri Melayu. 

Usai penapalan adat Datuk Monti Alam, Bupati Bengkalis Amril Mukiminin, mengucapkan terimakasih kepada para orang-orang tua tokoh adat


SUMBER : -