Selasa, 15 Desember 2015 - 13:48:44

Pj Bupati Bengkalis Ajak Warga Hidup Bersih Sejak Dini

    Gamanuel Yoga Elvradika Lien Hits : 2249179    



BENGKALIS – Penjabat Bupati Bengkalis mengajak warga untuk membiasakan hidup bersih sejak dini. Orang yang membiasakan hidup bersih sejak dini, maka ketika dewasa akan selalu membiasakan hidup bersih dan akan menularkan kebiasaannya itu kepada anak-anak dan lingkungan sekitar.

Hal itu disampaikan Penjabat Bupati Bengkalis dalam sambutan tertulis yang disampaikan Plt  Asisten Tatapraja Sedakab Bengkalis, Hj Umi Kalsum saat memberikan sambutan pada acara aneka lomba kebersihan, yang dipusatkan di Lapangan Tugu Bengkalis, Sabtu (12/12).

“Biasakan hidup bersih mulai dari rumah, lingkungan tempat tinggal kita dan juga sekolah,” ajak  Pj Bupati kepada para pelajar yang ikut berpartisipasi dalam perlombaan tersebut.

Menurut Bupati, banyak hal yang bisa dilakukan dalam memotivasi para siswa untuk membiasakan hidup bersih. Pertama sekali tentu harus ada aturan atau tata tertib tentang kebersihan yang perlu dipatuhi oleh para siswa.

Selanjutnya bagi siswa yang mengikuti aturan diberikan reward sedangkan yang melanggar aturan bisa diberikan peringatan atau sanksi.  Membiasakan gotong royong pada hari Jumat atau dikenal dengan Jumat bersih juga merupakan cara yang bagus untuk mendekatkan para siswa agar berprilaku hidup bersih.

“Bisa juga dipertandingkan piket antar kelas, siapa yang paling bersih nanti diberi penghargaan,” ujarnya.

Selain itu, memperkenalkan kepada para siswa tentang manfaat ekonomi dari sampah-sampah yang tidak berguna, khususnya sampah anorganik juga perlu dilakukan.

Sampah-sampah tersebut dengan sedikit kreatifitas bisa menghasilkan berbagai kerajinan yang bermutu tinggi.  Kerajinan dari sampah tersebut, selain bisa mengurangi volume sampah, juga memberikan manfaat minimal bagi diri sendiri.

“Kerajinan yang dihasilkan bisa dipergunakan untuk diri sendiri. Kemudian bisa juga dijual dan menghasilkan uang,” kata Umi Kalsum.(MC Riau)


    Category : Riau    
    Tags        : advertorial,bengkalis,google,riau    
    Sumber  :


171 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 


  Terkini  



  Most Popular  



  Pilihan  


  Teknologi  


Resmi Dijual di Indonesia, Ini Harga Xiaomi Redmi Note 4
Xiaomi memang sudah diketahui telah resmi merilis Redmi Note 4 pada April 2017 lalu di Indonesia. Kini, selang lima bulan setelahnya, pabrik asal

  Olahraga  


Raih Emas 4 Kali Berturut-turut, Lindswell Puas Ukir Sejarah di SEA Games
KUALA LUMPUR,Riauaksi.com - Atlet wushu andalan Indonesia, Lindswell Kwok mencatat sejarah. Lindswell menjadi satu-satunya atlet wushu peraih medali

  Ekonomi Bisnis  


Harga Emas Antam Rp614.000/Gram, Naik Rp6.000
JAKARTA,Riauaksi.com  - Sehari paska HUT RI, harga emas yang dijual PT Aneka Tambang (Persero) Tbk (Antam) naik Rp6.000 per gram menjadi

  English Version  


This startup went from retrieving stolen cars to rewarding good drivers
A stolen vehicle, a two-hour search, and catching car thieves. That’s how Syed Ahmad Fuqaha, managing director and founder at driving

  Unik  


Tempat-Tempat Terlarang bagi Perempuan
Anda yang beragama Islam tentu tahu bahwa dalam Islam ada yang meyakini bahwa wanita yang sedang menstruasi tak boleh memasuki