Selasa, 15 Desember 2015 - 13:48:44

Pj Bupati Bengkalis Ajak Warga Hidup Bersih Sejak Dini

    Gamanuel Yoga Elvradika Lien Hits : 436226    



BENGKALIS – Penjabat Bupati Bengkalis mengajak warga untuk membiasakan hidup bersih sejak dini. Orang yang membiasakan hidup bersih sejak dini, maka ketika dewasa akan selalu membiasakan hidup bersih dan akan menularkan kebiasaannya itu kepada anak-anak dan lingkungan sekitar.

Hal itu disampaikan Penjabat Bupati Bengkalis dalam sambutan tertulis yang disampaikan Plt  Asisten Tatapraja Sedakab Bengkalis, Hj Umi Kalsum saat memberikan sambutan pada acara aneka lomba kebersihan, yang dipusatkan di Lapangan Tugu Bengkalis, Sabtu (12/12).

“Biasakan hidup bersih mulai dari rumah, lingkungan tempat tinggal kita dan juga sekolah,” ajak  Pj Bupati kepada para pelajar yang ikut berpartisipasi dalam perlombaan tersebut.

Menurut Bupati, banyak hal yang bisa dilakukan dalam memotivasi para siswa untuk membiasakan hidup bersih. Pertama sekali tentu harus ada aturan atau tata tertib tentang kebersihan yang perlu dipatuhi oleh para siswa.

Selanjutnya bagi siswa yang mengikuti aturan diberikan reward sedangkan yang melanggar aturan bisa diberikan peringatan atau sanksi.  Membiasakan gotong royong pada hari Jumat atau dikenal dengan Jumat bersih juga merupakan cara yang bagus untuk mendekatkan para siswa agar berprilaku hidup bersih.

“Bisa juga dipertandingkan piket antar kelas, siapa yang paling bersih nanti diberi penghargaan,” ujarnya.

Selain itu, memperkenalkan kepada para siswa tentang manfaat ekonomi dari sampah-sampah yang tidak berguna, khususnya sampah anorganik juga perlu dilakukan.

Sampah-sampah tersebut dengan sedikit kreatifitas bisa menghasilkan berbagai kerajinan yang bermutu tinggi.  Kerajinan dari sampah tersebut, selain bisa mengurangi volume sampah, juga memberikan manfaat minimal bagi diri sendiri.

“Kerajinan yang dihasilkan bisa dipergunakan untuk diri sendiri. Kemudian bisa juga dijual dan menghasilkan uang,” kata Umi Kalsum.(MC Riau)


    Category : Riau    
    Tags        : advertorial,bengkalis,google,riau    
    Sumber  :


323 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 




  Terupdate  






  Most Populer